Senin, 28 Maret 2011

Tips memilih laptop

Dewasa ini, laptop mungkin menjadi salah satu alat yang sangat diperlukan untuk menunjang aktivitas sehari hari mulai dari kegiatan belajar mengajar hingga hiburan seperti bermain game.

Jenis dan ukuran laptop yang ada di pasaran saat ini pun sangat beragam mulai dari yang bisa dimasukkan kantong sampai ukuran yang tidak bisa dimasukkan ke kantong (saking besarnya), mulai dari yang hanya bisa dipakai mengetik sampai yang bisa dipakai untuk melempar anjing (baca : anti jatuh)

Berikut ini beberapa tips untuk memilih laptop

1. PIlih laptop sesuai dengan keperluan.

Misalnya kalau hanya untuk sekedar mengetik dan membuat tugas office sehari hari pilihlah jenis netbook. Selain karena harganya jauh lebih murah, daya tahan baterenya pun jauh lebih lama (4x lebih lama dibanding laptop gaming). Sebaliknya apabila laptop digunakan untuk pekerjaan yang lebih berat seperti misalnya bermain game, membuat animasi dan desain pilih laptop yang mempunyai processor dengan kecepatan diatas 2,5 ghz (multicore lebih baik) memori ram 2 gb atau lebih serta menggunakan vga keluaran nvidia atau radeon.

2. Jangan tergila gila pada merek laptop

Terkadang, harga laptop menjadi mahal karena mereknya. Misalnya untuk merek Sony spek tertentu kita harus membayar 10 juta sedangkan merek acer dengan spek yang sama kita hanya perlu membayar 8 juta. Jadi, pilih yang mana?

3. Cari spek yang seimbang.

Jangan pernah memilih laptop dengan spek naik turun seperti misalnya processor intel Celeron 1,7 ghz, memori 4 gb ddr3, intel hd 1,5 gb. Ini adalah pilihan yang salah, karena kecepatan processornya tidak sebanding dengan memorinya. Yang ada juga laptopmu akan bekerja dengan lelet. Mau mempercepet dengan menambah memori? GAK NGARUH!! Mending banting aja terus beli laptop yang baru. Mau main game sekelas game ps 3? Mending jangan. Biarpun vga-nya gede (1,5 gb) tapi chipsetnya punya intel yang nggak cocok buat main game berat. So, pilih baik-baik spek laptopmu. Kalau ragu coba search di internet untuk membandingkan.

4. Cari review tentang laptop pilihanmu di internet

Hal ini dilakukan untuk membandingkan harga maupun riwayat laptop tersebut, apakah laptop tersebut cacat produk. Apabila demikian, lebih baik memilih tipe laptop yang lain.

Sekian tips yang bisa saya berikan. Semoga tips diatas dapat membantu kalian dalam hal pilih memilih laptop. Ada pertanyaan? Silahkan cari saya di SMAN 4 Denpasar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar